Sejarah

Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Banda Aceh ini berlokasi di Jalan Taman Makam Pahlawan, Gampong Peuniti. Sekolah yang berdiri di atas lahan seluas  ± 1700 mdengan luas bangun 1200 m2 ini merupakan Sekolah Pelayanan Minimal (SPM). SMP Negeri 16 Kota Banda Aceh, memiliki bangunan kelas yang berjumlah 13 ruang, dengan 4 rombongan belajar kelas VII (tujuh), 5 rombongan belajar kelas VIII (delapan), serta 4 rombongan belajar kelas IX (sembilan). Memiliki 1 Ruang Kantor Tata Usaha, 1 Ruang Kepala Sekolah, Laboratorium IPA, Perpustakaan, Laboratorium Komputer, Ruang Pertemuan, Ruang Kesenian, Ruang UKS, Musholla, Ruang BK, Kantin, WC Siswa, WC Guru. Serta Lapangan Serbaguna (Basket, Volly Bol, Putsal).

Jumlah Tenaga Pendidik yang ada di SMP Negeri 16 Kota Banda Aceh yaitu sebanyak 30 orang dan jumlah Tenaga Kependidikan sebanyak 25 orang. Adapun jumlah siswa yang menuntut ilmu di sekolah ini pada tahun pelajaran 2018/2019 yaitu sebanyak 304 orang.

SMP Negeri 16 Kota Banda Aceh terletak di Jalan Taman Makam Pahlawan Gampong Peuniti Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Adapun lingkungan SMP Negeri 16 kota Banda Aceh di kelilingi oleh perumahan penduduk dan satu lokasi dengan SD Negeri 12 Kota Banda Aceh. Di sebelah kanan sekolah terdapat Mesjid Peuniti dan di bahagian depan terdapat Makam Pahlawan dan MIN Mesjid Raya. Jadi dapat dikatakan lingkungan SMP Negeri 16 Kota Banda Aceh agak sedikit bising karna posisinya yang berada di Jalan Raya dan bergabung dengan SD Negeri 12 Kota Banda Aceh.

SMP Negeri 16 Kota Banda Aceh sekarang ini memiliki fasilitas antara lain Ruang Kepala Sekolah, Ruang Wakil Kepala Bidang Kurikulum/Pengayaan, Ruang Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Ruang Tata Usaha, Ruang Dewan Guru, Ruang Komputer, Ruang Komputer, Ruang BK, Perpustakaan, Aula, Laboratorium IPA, Kamar Mandi,Musalla, Kantin Sekolah, dan Tempat Parkir Kendaraan Roda Dua untuk guru dan pegawai.